Rabu, 07 November 2012

WELCOME TO WONOGIRI


Peta Kabupaten Wonogiri

WaroengOnlineWonogiri-News, (bahasa Jawa: wanagiri, secara harfiah berarti “Hutan di Gunung”), merupakan sebuah wilayah kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di selatan Pulau Jawa. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Gaplek  ini secara geografis berada di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya terletak pada garis bujur 110 0 41’ – 111 0 18’ dan garis lintang 7 0 32’ – 8 0 15’ dengan luas wilayah 182.236,02 Ha.
 
Gapura Selamat Datang Wonogiri
Kondisi geografis Wilayah Kabupaten Wonogiri dominan dengan area pegunungan dan perbukitan dengan unsur tanah yang bervariatif. Lebih dari 50% wilayahnya adalah lahan pertanian. Sumber dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri  menunjukkan, sebanyak 17,94% atau sekitar 32.701 Ha dimanfaatkan untuk lahan pesawahan dan sebanyak 35,88% atau sekitar 65.381 Ha sebagai Tegal.
Wilayah Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, di bagian timur dan selatan. Di bagian barat berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kabupaten Klaten. Sedangkan di sisi bagian utara berbatasan langsung dengan kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar.

Waduk Gajah Mungkur
Ditinjau dari letak wilayahnya, kabupaten Wonogiri sangat berpotensi sebagai kota tujuan wisata, karena letaknya yang dekat dengan tujuan wisata Solo dan Jogja, juga letaknya yang relatif dekat dengan Bandara Adi Sumarmo Solo. Potensi Wisata Wilayah Kabupaten Wonogiri diantaranya adalah Waduk Gajah Mungkur, Goa Putri Kencana, Pantai Nampu, Pantai Sembukan, Kahyangan, Setren Girimanik, dan masih banyak yang lainnya.

Sebagian besar Penduduk Wonogiri hidup sebagai petani, dan sebagian lainya merantau ke luar wilayah Wonogiri atau warga wonogiri biasa menyebutnya dengan istilah boro. Mayoritas perantau dari Wonogiri bekerja sebagai penjual bakso,mie ayam dan Jamu. Dan beberapa diantaranya menduduki jabatan penting di instansi pemerintahan dan swasta. (WaroengOnlineWonogiri.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar